DRISHOP

Kategori

Peluang Franchise Kopi Kekinian

Peluang Franchise Kopi Kekinian Masih Menguntungkan? Begini Analisis Bisnisnya

Dari dulu sampai sekarang, memang tidak bisa dipungkiri kalau meminum kopi dan bercengkrama dengan kerabat memang salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Sebagian besar orang Indonesia pasti akan sangat setuju, apakah kamu juga setuju? Dengan ini membuktikan bahwa kalau dipikir-pikir lagi, daripada hanya menjadi penikmat kopi, kenapa tidak membuka coffee shop ya?

Pikiran itu memang ada di sebagian besar penikmat kopi, tapi yang menjadi masalah adalah mereka kebanyakan ragu untuk memulai karena membangun brand adalah sebuah kegiatan yang sangat sulit. Kalau itu masalahnya, bukan masalah soal dana, maka pilihan franchise kopi kekinian adalah jalan utama yang sangat bisa diandalkan.

Apakah franchise kopi kekinian sebenernya masih menguntungkan? karena banyak kan, di sekitaran Anda warung kopi kekinian yang tutup? Tapi daripada berprasangka buruk, mari pahami alasisis bisnisnya saja.

Bisnis Kopi Masih Menguntungkan?

Sebenernya, bisnis kopi ini terbilang sangat menguntungkan, apalagi dengan konsep kekinian tentu saja mendulang market yang lebih luas lagi. Misalkan saja beberapa franchise kopi kekinian, selalu saja ramai dan tidak pernah sepi pengunjung. Alasannya sudah jelas, karena trend nongkrong di coffee shop, tapi yang tidak kalah alasannya adalah karena rasa kopi yang general sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Jika dipikir lagi, tentu saja jika bilang untung ya memang untung. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh beberapa pebisnis kopi. Bayangkan saja untuk satu menu kopi Anda hargai dengan harga Rp 15 ribu. Sehari jika minimal bisa menjual 50 gelas, maka pendapatannya bisa hampir Rp 500 ribu. Itu belum dihitung sebulan, dan coffee shop tentu saja buka setiap hari, apalagi malam minggu pasti ramai pengunjung.

Ada beberapa alasan yang menjadikan bisnis kopi ini menguntungkan bahkan untuk pemula dalam bisnis sekalipun.

Kenapa Harus Franchise Kopi? 

Franchise kopi memang menjadi pilihan yang sangat bagus. Daripada membuat brand warung kopi dari nol, memilih franchise yang namanya sudah kuat adalah alasan utama mengapa franchise kopi ini menguntungkan.

Untuk alasannya, ada beberapa yang harus Kamu ketahui, antara lain:

Supplier Bahan Baku Ready

Alasan utama mengapa memilih franchise adalah supplier bahan baku yang sudah ready. Jadi, daripada Kamu harus pontang-panting kesana dan kemari untuk mencari supply bahan bakar, pihak pemilik franchise akan selalu menyuplai kebutuhan untuk bahan baku pembuatan berbagai menu kopi di kedai Kamu.

Peralatan Lengkap

Yang menjadi alasan adalah bagaimana peralatannya? Kan peralatan kopi itu mahal-mahal, apalagi mesin espresso.

Tenang, di sistem waralaba atau franchise kopi, mereka akan menyediakan peralatan yang lengkap. Peralatan ini mencakup semua yang dibutuhkan untuk membuat berbagai varian menu kopi yang Kamu jual.

Peralatan lengkap ini juga sudah dijamin akan kualitasnya. Jadi, yaa… Tidak perlu mempertanyakan kualitasnya, buktinya saja franchisenya sudah bisa sukses.

Banyak Menu

Menu adalah bagian yang sangat vital dalam pembukaan bisnis apapun itu termasuk kopi. Walaupun Kamu ada signature coffee yang menjadi ciri khas kopi di warung kopimu, terkadang pelanggan akan cepat bosan. Dan jika menu kopinya sedikit? Mereka akan berpaling ke coffee shop lain.

Dengan join kemitraan, mereka menyediakan banyak sekali menu kopi maupun non kopi. Itu point penting, karena jika mereka bosan dengan kopi mereka akan memesan varian lain yang non kopi. Karena sudah melekat kalau beli minuman di kedai Kamu, maka mau mencari boba pun bisa jadi di kedai kopi kamu karena mereka sudah paham kalau franchisemu memiliki minuman yang rasanya terjamin.

Brand Sudah Dikenal

Alasan yang paling mendasari konsep franchise adalah nama brand yang sudah dikenal. Ini menjadi yang utama, karena pemasaran untuk brand yang masih baru sangatlah sulit. Berbeda dengan franchise, mereka membuka sistem franchise pastinya karena banyak yang mengetahui nama brandnya bukan?

Mereka akan memberikan target pemasaran juga yang akan membuat pembukaan franchise kopi yang Kamu setujui akan dengan mudah memancing banyak pembeli.

Pemasaran Sudah Siap

Media promosi seperti iklan di berbagai platform juga sudah siap. Kamu tinggal menjalankannya saja sesuai dengan apa yang mereka kehendaki. Pihak franchise akan selalu peduli dengan mitranya, termasuk bagaimana untuk memasarkan. Ini sudah jelas, karena walaupun sudah Kamu beli franchisenya, mereka tidak akan mau nama dari franchisenya itu rusak karena mungkin sepi pengunjung contohnya.

Keuntungan Franchise Kopi

Bagaimana? Terdengar menguntungkan bukan bagaimana untuk memiliki franchise kopi? Sebenernya untuk masalah keuntungan memang tidak usah diragukan lagi. Namun, alasan tadi adalah alasan secara sistematis, tapi untuk Anda sendiri secara pribadi jika memandang dari segi bisnis, seperti apa?

Untuk kisaran harga, beberapa franchise kopi menyediakan paket kemitraan yang beragam, tergantung Anda memilih franchise apa dan paket apa. Namun, rata-rata akan mematok harga mulai dari Rp 60 jutaan ke atas. Paket tersebut masih belum termasuk dengan tempat atau biaya sewa untuk berjualan, namun untuk omset dan balik modal, mereka menjanjikan omset besar dengan balik modal cepat.

Bayangkan saja jika penjualan satu orang pengunjung rata-rata adalah Rp 25 ribu, jika kalikan saja 100 porsi maka sudah bisa mendapatkan laba kotor Rp 2,5 juta. Jika sebulan? Cepat balik modal dan mendapatkan keuntungan bukan?

Tips Sebelum Membuka Franchise Kopi

Daripada memikirkan keuntungan dan balik modal, mungkin jangan terlalu ber ekspektasi terlalu tinggi terlebih dahulu jika Kamu masih belum tahu bagaimana tips sebelum membuka franchise kopi.

Point penting untuk sukses membuka franchise kopi kamu antara lain:

  1. Menentukan konsep bisnis franchise kopi yang Kamu tekuni
  2. Memilih lokasi yang sangat strategis seperti di pusat kota mungkin
  3. Riset pasar dan tentukan minat masyarakat terhadap franchise kopi
  4. Gunakan software retail dan POS untuk memudahkan proses pengelolaan bisnis franchise kopi 
  5. Lakukan strategi pemasaran yang tepat seperti di sosial media Instagram atau Tiktok

Login / Daftar B2C

Login B2B / Daftar B2B

Download APP

Promo

Program Member

Layanan

Drishop

WWW.DRISHOP.CO.ID

PT. David Roy Indonesia
© 2022